Apa itu Blog ?

 Selamat pagi teman-teman, ya meski udah siang, sore atau malam tapi mesti berkegiatan terus dengan semangat pagi khan? 


Kalian pastilah akan pernah dengar arti web (iya website, seperti situs yang tengah kalian membuka ini), sempat ngga sich kalian terfikir web itu sebetulnya apa? atau barangkali mengapa namanya website, mengapa tak diundang web, atau barangkali beberapa nama yang lain. ingin tahu? monggo teruskan bacanya.


Daftar Isi 


A. Pemahaman /H2


Web, sebagai kependekan dari situs log yaitu blog yang memberinya beberapa konten yang dibikin sesuai ketertarikan serta maksud penulis. Website miliki content yang relatif banyak, sebab ketertarikan tiap orang berlainan.


1. Histori Web /H3


Arti "website log" pertamanya dicetuskan oleh Jorn Barger di 17 Desember 1997. Lantas, arti pendeknya dicetuskan oleh Peter Merholz, yang sebetulnya cuman satu lawakan yang dicatat olehnya di sidebar website milik dia yaitu Peterme.com di April atau May 1999. Tidak lama setalah itu, Evan Williams dari Pyra Labs (Pembikin Blogger) memanfaatkan "Situs" di nama produknya ialah Blogger, yang membikin arti website tambah mendunia. 


Saat sebelum blogging jadi terkenal, komune online rata-rata memakai Usenet sampai Bulletin Board Sistim (BBS) untuk tempat sebagai berunding. forum-forum di internet juga berbicara memanfaatkan thread. Thread bisa disketsakan selaku satu area di mana beberapa orang bisa lakukan komunikasi dalam obyek khusus, kira-kira serupa dengan papan buletin akan tetapi online. 


Situs yang ada waktu ini sebagai evolusi dari diary online di mana beberapa orang menuliskannya kehidupan personal punya dia. Penulis-penulis website waktu itu juga panggil diri mereka menjadi diarist, journalist, maupun journalers sebab mereka menuliskannya catatan hidup mereka di website kepunyaannya. Satu diantara penulis yang udah menulis sejak mulai abad itu yaitu Justin Hall, yang mulai menulis situs personal milik dia semenjak 1994 sewaktu jadi mahasiswa. 


Web yang tampak untuk beberapa tahun awalan mesti memperbaharui bagian-bagian website mereka secara manual tiap saat post (kebanyakan satu hari sekali) sebab belum ada program buat situs seperti sekarang. Untuk ketika itu, hal itu bikin beberapa orang tak berkeinginan untuk menjalankan web sebab dirasa buang-buang waktu juga sukar. Maka dari itu kedatangan beberapa program blogging seperti blogger, dsb. adalah hal baik untuk beberapa orang yang mau lakukan blogging akan tetapi tidak akan disusahkan olehnya. 


Sehabis timbulnya beberapa program blogging, blogging dalam sekejap mendapat reputasi. Pemakaian web di tahun 1999 menebar bak kebakaran rimba yang menjalar dalam sekejap. Program itu salah satunya merupakan: - Open Diary (1998) yang dicetuskan oleh Bruce Ableson

- LiveJournal (1999) yang dicetuskan oleh Brad Fitzpatrick

- Blogger (1999) yang dicetuskan oleh Evan William serta Meg Hourihan dari Pyra Labs (diambil alih oleh Google di tahun 2003)


Di tahun 2004, blogging lantas semakin luas sebab politisi, info, serta calon-kandidat satu kedudukan mulai gunakan website menjadi tempat pembuatan pandangan serta untuk memperlebar raihan kampanye. Blogging  dipakai politisi buat ketahui pendapat warga perihal perang serta rumor yang lain. Sampai, Israel lantas bikin web sah punya pemerintahan serta jadi salah satunya pemerintahan yang bikin website sah. Situs sah punya Israel dipakai untuk berikan berita-berita ke beberapa orang terkait semua gosip yang berada di Israel. Sampai, David Saranga yang waktu itu memegang menjadi Menteri Luar Negeri Israel melangsungkan pertemuan reporter berkaitan perang Israel dengan Hamas langsung serta Live di pelosok dunia.


2. Macam-macam Situs /H3


Dengan berubahnya situs, untuk beberapa umumnya ada 3 model web, Yaitu: - Situs Personal, yaitu beberapa website yang dibentuk benar-benar dengan conten yang lebih personal serta amat bebas, tidak terlilit dengan peraturan tersendiri. Web individu bisa berwujud catatan hidup, buku harian, cerita-cerita mengenai berlibur, sekolah, ataupun mengenai makanan yang dikonsumsi di satu tempat.

- Situs Professional, yaitu beberapa blog yang miliki beberapa konten yang perlihatkan ke professionalitas si pemilik website di satu bagian. Umumnya, pemilik website ini memanfaatkan web selaku wadah perjumpaan si penulis sendiri supaya beberapa pembaca bisa ketahui potensi yang dipunyai oleh penulis itu serta bisa memanfaatkan layanan punyanya.

- Situs Usaha, yaitu situs yang dipakai buat datangkan konsumen buat satu toko online atau perusahaan. Langkah berikut termasuk mustajab sebab dengan memakai situs, karenanya beberapa orang akan kenal produk yang anda jual. Contoh termudah untuk perkara ini merupakan Niagahoster, situs itu punyai situs yang jual layanan hosting namun juga situs yang memungkinnya beberapa orang bisa mendapatkan web punya mereka.



3. Guna Web


Dengan adanya banyak macam website yang ada, pastinya website punyai banyak kegunaan, berikut yaitu fungsi fungsi dari website: - Selaku wadah publisitas

- Menajamkan kekuatan menulis

- Bukti professionalitas satu orang

- Tempat branding

- Pembuat uang

- Menaikkan trafik situs

- Tempat kampanye serta penggiringan pandangan



B. Web-web Penyuplai Situs /H2


1. Blogger /H3



Blogger.com - Morrotaruna.blogspot.com Yang pertama ada pada daftar ini sudah pasti Blogger, web karya Pyra Lab di tahun 1999 ini tentu sudah benar-benar dekat di telinga kalian bukan. Blog dengan domain gratis blogspot ini adalah situs pemasok web yang paling ternama di Indonesia, mengapa begitu? lantaran blogger udah diambil alih oleh Google semenjak tahun 2003 serta segalanya yang dipunyai google bakal teruji ada di halaman pertama mesin penelusuran itu.  Silakan search kata kunci (keyword) "situs" di google, saya sangat percaya blogger ada di rangking satu (pasti di bawah google ads). Disamping itu, blogger pula kerap jadikan web opsi buat pekerjaan sekolah ataupun kuliah (sama dengan yang tengah saya bikin ini). Jadi tak aneh bukan kalau Blogger jadi salah saatu yang sangat populer 


2. Wordpress /H3





Wordpress.com serta Wordpress.org - Morrotaruna.blogspot.com Yang ke-2  dalam perincian ini tidak lain tak bukan yakni Wordpress. Kenapa saya tempatkan blog ini di posisi ke-2  serta bukan pertama meskipun sebenarnya wordpress yaitu blog pemasok dengan pemakai paling banyak ialah lebih dari pada 60 juta web serta termasuk 33,6% dari 10 juta blog terunggul du dunia untuk April 2019. 


Walaupun begitu, wordpress punya dua macam service ialah WordPress.com serta WordPress.org yang paling tidak sama keduanya. Di mana Wordpress.com memberinya pelayanan gratis akan tetapi spesifikasi terbatas serta Wordpress.org memberi service yang berbayar (mesti beli hosting sendiri) akan tetapi spesifikasi yang disajikan SANGAT BANYAK. Ya betul-betul bedanya tidak cuma perihal itu, akan tetapi bila mengkaji ketaksamaan ke-2  macam wordpress itu tentu tulisan ini bertambah ngalor ngidul alias kemana saja. 


3. LiveJournal /H3



LiveJournal.com - Morrotaruna.blogspot.com Seterusnya yang ada di rangking ke-3  merupakan Livejournal. LiveJournal bisa dipakai pemakai untuk bikin website, journal, ataupun diary. Blog ini sebagai satu diantaranya situs pemasok web paling tua yang ada di pasar tidak hanya blogger. Web karya Brad Fitzpatrick di tahun 1999 ini merasakan perjalanan panjang mulai dengan awalannya masih yang ada di Danga Interactive, lalu perusahaannya dibeli oleh perusahaan Six Apart untuk Januari 2005, sampai perusahaan Six Apart jual LiveJournal di SUP Wadah sebagai perusahaan medium Rusia di tahun 2007. 


Sejak ada di bawah lindungan perusahaan rusia berikut LiveJournal makin bertambah digemari oleh masyarakat Rusia. Beberapa aturan LiveJournal juga sudah disamakan dengan ketentuan yang ada pada Rusia tersebut. LiveJournal juga saat ini jadi sama menjadi sosial alatnya Rusia sebab sebagian besar pemakai berawal dari Rusia tersebut. 


4. Tumblr /H3



Tumblr.com - Morrotaruna.blogspot.com Seterusnya ada "pendatang baru" yang menurut saya pas buat masuk ke dalam daftar ini. Tak lain tidak bukan yaitu tumblr, situs yang dibikin di tahun 2007 ini focus menjadi jaringan sosial untuk banyak pemakainya, kira-kira seperti social media yang ada waktu ini. 


Tumblr memberi pelayanan yang memungkinkannya pemakai membikin post multimedia serta content-content yang lain dengan isi yang sedikit. pemakai bisa ikuti website pihak lain serta bisa membikin website milik dia privat atau cuma dapat disaksikan oleh pemakainya sendiri hingga pas dipakai menjadi Diary Online. 


C. Simpulan /H2


Berdasar pada perihal-perihal yang udah diuraikan di atas, saya bisa memberi ringkasan kalau:  Website sebuah situs atau sebagai sisi dari web yang diperuntukan untuk keperluan spesifik yang sama dengan manfaat web.


Lantaran situs adalah kependekan dari Website log yang penuturannya udah diuraikan di atas serta situs  sebagai fasilitas penebaran info yang baik sekali lantaran bisa dijangkau dari penjuru dunia dan juga dapat dipakai menjadi tempat cari beberapa pundi uang dan pembangunan pandangan.


sumber: komunitas blogger indonesia

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama